Menulis Surat Lamaran Pekerjaan
Surat lamaran merupakan syarat utama dalam melamar pekerjaan. Bagi pencaker tentunya harus tahu surat lamaran yang baik dan benar. Ketika kita menulis sebuah lamaran, diharapkan untuk mengetahui cara menulis surat lamaran yang baik.
Simak yuk penjelasan dari surat lamaran 👇👇👇
Definisi surat lamaran pekerjaan.
Surat lamaran pekerjaan merupakan surat yang ditulis seseorang yang ditujukan kepada lembaga/instansi dengan tujuan mendapatkan pekerjaan.
Surat lamaran pekerjaan berisi permohonan untuk bekerja pada suatu tempat. Untuk dapat mendalami surat lamaran pekerjaan, kamu harus banyak membaca dan belajar menyusun surat lamaran pekerjaan. Selain itu, kamu juga harus memperhatikan isi, sistematika, dan kebahasaan yang terdapat pada surat lamaran pekerjaan. Setelah hal tersebut terpahami dengan baik, kamu akan mudah menyusun surat lamaran pekerjaan sesuai dengan yang kamu butuhkan.
Surat lamaran pekerjaan adalah surat dari seseorang yang memerlukan pekerjaan kepada orang atau pejabat yang dapat memberikan pekerjaan atau jabatan.
Surat lamaran kerja adalah surat yang dibuat oleh seseorang untuk melamar pekerjaan di suatu perusahaan, kantor atau instansi tertentu.
Surat lamaran kerja merupakan surat yang digunakan untuk melamar pekerjaan atau surat penjualan yang berhubungan dengan bagaimana anda menjual segala potensi diri kepada lembaga yang menyediakan lowongan pekerjaan. Menurut Kuntarto (2009), prinsip 3A (Attraction, Attention, dan Action) dapat dijadikan landasan ketika akan membuat lamaran.
Cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar.
1. Gunakan bahasa yang baik dan benar, pergunakan bahasa yang formal/resmi karena surat lamaran pekerjaan termasuk surat resmi. Jadi, jangan menggunakan bahasa yang tidak patut dalam pembuatan surat resmi.
2. Tulislah kalimat yang singkat padat dan jelas, jangan bertele-tele dalam menulis surat lamaran karena surat lamaran bisa menampilkan jati diri seseorang serta sebuah instansi atau perusahaan tidak menyukai surat lamaran yang bertele-tele.
3. Tulislah secara manual menggunakan tangan, penulisan surat lamaran kerja secara manual lebih disukai perusahaan karena melalui tulisan tangan bisa dinilai bagaimana pribadi seseorang.
4. Perhatikan kebersihan surat lamaran kerja, jangan sampai ada coretan atau bekas penghapus dalam surat lamaran kerja, jika salah menulis lebih baik tulis ulang di kertas baru, jangan menggunakan stipo untuk menghapus.
5. Isi secara jelas data diri dan informasi yang informasi tentang diri anda, serta lampirkan dokumen-dokumen pendukung seperti daftar riwayat hidup, fotocopy identitas diri serta dokumen-dokumen lain yang menjadi persyaratan.
6. Jika anda mempunyai sertifikat pendukung yang bisa menambah nilai plus untuk diri anda jangan ragu untuk melampirkannya.
Unsur Kebahasaan Surat Lamaran Pekerjaan
Surat lamaran yang baik dan benar mempunyai ciri-ciri :
1. Mempunyai bentuk yang menarik
2. Mempunyi bahasa yang menarik
3. Menggambarkan kemampuan pelamar Tepat pada sasaran
4. Penulisan sesuai dengan EYD
Sistematika Surat Lamaran Pekerjaan
Secara umum surat lamaran pekerjaan memiliki sistematika seperti berikut ini :
Kepala surat
Tempat dan tanggal pembuatan surat
Nomor surat
Lampiran
Hal atau perihal
Alamat tujuan
Salam pembuka
Isi surat yang terbagi menjadi tiga bagian pokok yaitu :
Paragraf pembuka
Isi surat ( Data pribadi pelamar, pendidikan, pengalaman bekerja, lampiran )
Paragraf penutup
Salam penutup
Tanda tangan dan nama terang
Ciri – Ciri Surat Lamaran Pekerjaan
1. Tempat dan Tanggal
Tempat dan tanggal ditempatkan di pojok kanan atas tanpa titik di akhir, karena bukan merupakan suatu kalimat.
Contoh : Bandung, 28 Agustus 2018
2. Lampiran dan Perihal
Kata ‘Lampiran’ dan ‘Perihal’ tidak bisa disingkat seperti lamp. atau hal.
Angka dalam kolom lampiran itu ditulis menggunakan huruf.
Contoh :
Lampiran : Satu Lembar
Perihal : Lamaran Kerja
3. Alamat Surat
Tidak menggunakan kata-kata “Kepada”.
Alamat yang disarankan tidak lebih dari tiga baris.
Jabatan tidak boleh menggunakan jenis kelamin seperti halnya bapak atau ibu.
Tulisan “Jalan” pada suatu alamat tidak boleh disingkat.
Tidak boleh menggunakan titik di masing – masing akhir barisnya
Contoh :
Yth. Manager Sukses Mandiri
Jalan M. Yamin No. 02
Bandung
4. Salam Pembuka
Setelah kata “Dengan Hormat” harus menggunakan koma.
Kata dengan hormat sebaiknya dapat dijadikan satu dengan kalimat selanjutnya, walaupun diganti baris seperti biasa juga tetap dapat digunakan.
Contoh :
Dengan Hormat, berdasarkan . . . . . . . . . . ( yang dianjurkan )
Dengan Hormat,
Berdasarkan . . . . . . . . . . ( tetap dapat digunakan )
5. Alinea Pembuka
Dalam alinea pembuka sebaiknya harus menggunakan bahasa yang baik dan sopan serta membuat instansi yang membacanya tidak tersinggung.
6. Isi
Dalam isi terdapat juga :
Identitas
Yaitu suatu keterangan berupa nama, tempat tanggal lahir, alamat, pendidikan terakhir dan dapat dtambah lagi sesuai dengan kebutuhan. Dalam menuliskan suatu keterangan diatas, awalan kata tidak menggunakan huruf besar.
Contoh :
nama : Zian Sahara
tempat tanggal lahir : Bandung, 4 Oktober 1990
pendidikan terakhir : S1 Sistem Informatika
alamat : Dukuhturi, Bumiayu, Brebes, 52273
Maksud dan Tujuan
Merupakan suatu keterangan tentang alasan pengirim atau pelamar pekerjaan menulis surat itu.
Menyatakan Lampiran
Dalam lamaran pekerjaan ini terdapat beberapa lampiran tentang syarat yang telah diminta oleh instansi yang membutuhkan pekerja, maka sang pelamar harus memenuhi lampiran yang diminta tersebut.
Dalam lampiran ini setiap akhir kalimatnya harus menggunakan tanda titik dua, dan di akhir lampiran mengggunakan titik.
Contoh :
1. Fotokopi ijazah yang telah dilegalisir;
2. Fotokopi kartu tanda penduduk;
3. Foto ukuran 3×4 dua lembar.
7. Penutup
Dalam penutup kita harus menunjukan keantusiasan kita dalam melamar suatu pekerjaan pada instansi yang kita tuju.
Contoh : Demikian surat lamaran pekerjaan yang saya buat, besar harapan saya untuk bisa menjadi bagian dari perusahaan . . . . . . . . .
8. Tanda Tangan dan Nama Terang
Tanda tangan ini berada di pojok kanan bawah surat, kemudian dibawahnya ditulis nama lengkap anda.
Contoh : Hormat saya,
Jenis – Jenis Surat Lamaran Pekerjaan
Menurut jenis pembuatannya surat lamaran pekerjaan terbagi menjadi dua, yaitu sebagai berikut :
1. Surat lamaran pekerjaan ini digabungkan dengan riwayat hidup (curriculum vitae). Dalam cara ini, riwayat hidup termasuk dalam isi surat karena isinya berupa gabungan, cara ini juga disebut model gabungan.
2. Surat lamaran yang dipisahkan dari sebuah riwayat hidup. Dalam cara ini riwayat hidup merupakan suatu lampiran dan cara ini disebut model terpisah.
Sumber-sumber lamaran pekerjaan diantaranya ialah :
Sumber lowongan pekerjaan tanpa suatu sumber tertentu.
Sumber lowongan pekerjaan dari suatu media tertentu.
Sumber lowongan pekerjaan dari suatu referensi pihak tertentu.
Hal – Hal Yang Harus Dicantumkan Surat Lamaran Pekerjaan
Hal – hal yang harus dicantumkan dalam surat lamaran pekerjaan agar tercapai tujuan pembuatannya diantaranya ialah :
1. Menyebutkan suatu sumber lamaran.
Identifikasi diri yang lengkap dari pelamar, identifikasi diri lengkap dari pelamar meliputi nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat lengkap,nomor telepon,hand phone atau alat bantu komunikasi lainnya. Identifikasi diri dari pelamar juga harus memudahkan pihak perusahaan menghubungi pelamar.
2. Posisi yang dikehendaki.
3. Riwayat pendidikan.
4. Riwayat pekerjaan (bila ada).
5. Kemampuan lain yang dimiliki.
Contoh Surat Lamaran Pekerjaan yang baik dan benar
Bojonegoro, 28 Juli 2016
Kepada Yth
HRD Manager PT maspion
Jl. Hasanudin No. 13 Subang
Perihal : Lamaran Kerja
Dengan hormat,
Berdasarkan informasi dari media cetak, koran Indo menngai lowongan di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Melalui surat ini saya ingin mengajukan diri untuk melamar pekerjaan di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin guna mengisi posisi yang di butuhkan saat ini. Saya yang bertanda tangan dibawah ini :
nama : Lucky Hasanudin
tempat/tanggal lahir : Sumedang, 13 Juni 1989
jenis kelamin : Laki-laki
pendidikan : SMK Rekayasa Perangkat Lunak
alamat : Jl. Cilencang No. 06 RT/RW 06/13
telepon : 08976543212
Untuk melengkapi beberapa data yang diperlukan sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu pimpinan waktu yang akan datang, saya lampirkan juga kelengkapan data diri sebagai berikut :
1. Pas photo
2. Foto copy KTP
3. Daftar riwayat hidup
4. Foto copy Ijazah terakhir
5. Foto copy SKHUN
6. Foto copy sertifikat Competensi
7. Foto copy sertifikat PKL
8. Foto copy surat keterangan Referensi
Demikian surat lamaran ini saya buat dengan sebenarnya dan atas perhatiannya serta kebijaksanaan Bapak/Ibu pimpinan saya mengucapkan terima kasih.
Hormat saya,
Lucky Hasanudin
No comments:
Post a Comment